IMUN KUAT TUBUH KUAT HADAPI VIRUS

Ditulis Oleh | Jumat, 20 Maret 2020 01:31 | Dibaca : 213 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 20 Maret 2020 01:40
IMUN KUAT TUBUH KUAT HADAPI VIRUS

Sejak awal munculnya kasus virus corona, imbauan untuk rajin mencuci tangan dan menjaga imunitas tubuh. Cara ini mungkin dianggap sepele dan sedikit tak menenangkan.


 

Namun imbauan ini bukanlah tanpa alasan. Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkap penjelasan pasien covid-19 atau penyakit virus corona bisa sembuh karena imunitas tubuh.

 

Wiku mengatakan penyakit corona bisa sembuh dengan sendirinya, atau self limiting disease. Hal ini juga sempat diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

  

Tubuh manusia, kata Wiku, mengidentifikasi virus sebagai musuh yang harus dilawan. Ini pun berlaku untuk virus covid-19. Cara melawan virus adalah dengan imunitas tubuh yang kuat.

Ketika virus (virus patogen penyebab penyakit termasuk virus corona) masuk ke tubuh manusia, menular dari binatang maupun manusia, tubuh akan mengidentifikasi virus sebagai musuh. Perjuangan tubuh melawan virus ini menjelaskan adanya gejala pada pasien yang terinfeksi virus corona.

 

"Gejala semua sudah tahu, paling penting demam. Demam itu reaksi tubuh untuk melawan. Sebelum timbul antibodi, bentuknya demam," tuturnya di Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta, Rabu (18/3).

 

Selain demam, tubuh juga mulai merasakan batuk kering dan sesak napas. Gejala ini timbul sebagai upaya tubuh melawan virus sebelum antibodi keluar. Dan ketika antibodi sudah keluar, virus akan dilawan hingga tak bisa bertahan di dalam tubuh. Kemampuan antibodi melawan virus ini tergantung pada seberapa kuat imunitas yang dimiliki seseorang.

"Virus ini antigen atau musuh. Dan kalau masuk ke badan akan dilawan tubuh manusia apabila antibodi cukup banyak yg muncul karena infeksi itu. Maka orang itu bisa sembuh," jelasnya.

 

Untuk itu menjaga imunitas tubuh menjadi sangat penting. Karena risiko dari corona meningkat seiring dengan menurunnya imunitas tubuh dan riwayat penyakit lain yang melemahkan tubuh.

Wiku menjelaskan virus corona akan mencari peluang untuk hidup dalam tubuh makhluk hidup. Ketika berpindah dari hewan ke manusia, ia akan mencari tubuh yang paling rentan terinfeksi.

 

Dan sejauh ini pakar di dunia mendapati penularan virus bisa dipangkas dengan memotong kontak antar makhluk hidup. Ini menjelaskan kenapa menjaga jarak (social distancing) jadi upaya penting mencegah penyebaran corona.

 

Ada lima upaya yang penting diingat untuk mencegah corona, kata Wiku. Yakni menjaga jarak, tidak berjabat tangan, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan memakai masker bagi yang sedang sakit.

seperti dilansir, https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200318125414-255-484489/alasan-di-balik-imunitas-tubuh-kuat-bisa-cegah-covid-19

Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.