IBU HAMIL TAK BERKUNJUNG, KAMI YANG MENGUNJUNGI....KAMI PUSKESMAS KUPANG KOTA

Ditulis Oleh | Jumat, 07 Februari 2020 02:32 | Dibaca : 451 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 07 Februari 2020 04:01
IBU HAMIL TAK BERKUNJUNG, KAMI YANG MENGUNJUNGI....KAMI PUSKESMAS KUPANG KOTA

Jangan anggap remeh pemeriksaan saat Hamil, Banyak Resiko yang bisa terjadi jika ini disepelehkan..


Puskesmas Kupang Kota dengan 5 (Lima) kelurahan sebagai wilayah binaan, masih mendapat beberapa kendala dalam pelayanan kepada masyarakat, salah satunya Tidak Rutinnya pemeriksaan Ibu Hamil ke Puskesmas atau minimalnya saat kegiatan Posyandu oleh Bidan oada wilayah masing-masing kelurahan.

Kegiatan Kunjungan Ibu Hamil di Kelurahan Merdeka Oleh Bidan Mulyaningsih Andan

 

Adapun inovasi yang dilakukan dalam permasalahan ini yakni Kegiatan Kunjungan Ibu Hamil dirumah dan konseling kepada Ibu hamil agar kelanjutan pemeriksaanya dalam di lakukan di puskesmas terdekat dalam wilayah kerjanya. Adapun beberapa kendala yang di tutur ibu hamil antara lain, adanya mual muntah, kerja yang tidak bisa ditinggalkan dan beberapa kendala lainnya.

Kegiatan Kunjungan Ibu Hamil dan Penempelan  Stiker di Kelurahan Merdeka Oleh Bidan Mulyaningsih Andan

 

Pemeriksaan kehamilan, atau yang juga sering disebut sebagai antenatal care, idealnya dilakukan minimal 8 kali. Anda perlu meluangkan waktu sebulan sekali untuk memeriksakan diri ke dokter selama masa enam bulan pertama kehamilan. Saat memasuki usia 7-8 bulan kehamilan, lakukan pemeriksaan tiap dua minggu sekali. Intensitas kunjungan ditambah menjadi satu kali per minggu, ketika kehamilan menginjak usia sembilan bulan.

 

Penting bagi mommy untuk mengetahui berbagai tahapan check up yang akan selalu membantu mommy dalam masa kehamilan. Konsultasi tahap awal merupakan konsultasi pertama yang harus mommy ketahui, pada saat ini dokter kandungan atau bidan akan memulai pemeriksaan dengan menghitung tanggal konsepsi awal, dan selanjutnya akan diikuti dengan investigasi mengenai riwayat kesehatan mommy yang mungkin akan memberikan pengaruh bagi janin dalam kandungan mommy. Jika Anda tidak ingat pasti kapan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT), maka pemeriksaaan USG akan dianjurkan untuk menentukan berapa usia janin.

 

 

Selain beberapa pemeriksaan dasar diatas, beberapa pemeriksaan lain yang mungkin akan Anda jalani yaitu:

Tes urine

Tes ini digunakan untuk mengetahui jika ada infeksi saluran kemih atau ginjal. Tes urine juga dapat dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat protein atau gula dalam urine.

Tes darah

Tes darah berguna untuk mengetahui golongan darah (termasuk status rhesus Anda), mengukur kadar hemoglobin, mengetahui apakah Anda memiliki kondisi infeksi tertentu, seperti cacar, rubella, hepatitis B, sifilis, gonore, klamidia, toksoplasmosis, atau HIV/AIDS.

Tes skrining janin

Tes ini dapat memberikan gambaran mengenai kondisi kesehatan janin Tes yang bisa dilakukan yaitu USG atau tes darah. Jika diperlukan, dokter mungkin akan menyarankan pemeriksaan genetik pada janin.

Berikut ini merupakan manfaat

melakukan pemeriksaan kehamilan.

Membantu mencegah ibu mengalami komplikasi kehamilan. Ibu hamil sangat rentan untuk mengalami komplikasi, seperti hipertensi dan diabetes gestasional. Pemeriksaan kehamilan dapat mengetahui seberapa besar risiko ibu hamil bisa mengalami komplikasi tersebut. Diagnosis dari komplikasi tersebut juga bisa ditekankan lebih dini melalui pemeriksaan kehamilan, sehingga pengobatan lebih dini bisa dilakukan untuk mencegah komplikasi yang lebih serius.

Memantau kesehatan janin dalam kandungan. Tidak hanya memantau kesehatan ibu, pemeriksaan kehamilan juga turut memantau pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Dokter dapat memantau kesehatan janin secara langsung dengan mendengarkan detak jantung janin, memeriksa ukuran dan posisi rahim dan janin, serta melakukan berbagai tes kelainan. Beberapa kondisi janin yang dapat terdeteksi sebelum bayi lahir mungkin dapat diobati atau dikurangi risikonya.

Memberikan ibu pengetahuan yang lebih luas mengenai apa yang harus dan tidak harus dilakukan saat kehamilan. Dokter atau bidan biasanya menjelaskan mengenai pentingnya nutrisi yang tepat selama kehamilan. Dokter atau bidan juga memantau berat badan Anda selama kehamilan, sehingga kehamilan Anda tetap berada dalam kondisi yang sehat.

Membantu ibu mempersiapkan kelahiran. Tidak hanya selama kehamilan, pemeriksaan kehamilan juga membantu memberikan informasi tentang pilihan cara melahirkan sesuai kondisi ibu. Selain itu, juga memberikan pengetahuan apa yang harus dilakukan ibu setelah bayi lahir, mengenai menyusui (IMD dan ASI eksklusif) dan bagaimana cara merawat bayi baru lahir.

Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.