PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Ditulis Oleh | Kamis, 26 Juli 2018 04:05 | Dibaca : 100 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 Juli 2018 06:19
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat nampaknya masih belum bisa dirasakan optimal. Untuk itu, perlu adanya upaya dalam meningkatkan kepercayaan terhadap pus­kes­mas sebagai pusat ke­se­hatan bagi masyarakat. Salah satunya adalah dengan mem­perbaiki kual­i­tas pelayanan dan men­ye­diakan ruangan yang nya­man bagi warga dan anak.


Seperti yang dilakukan UPT Puskesmas Kupang Kota, selain memberikan pelayanan maksimal kepada pasien, juga telah menyiapkan sarana bermain untuk pasien anak yang disebut ruang ramah anak. Ruangan ini didesain layaknya sarana bermain, dihiasi wallpaper dinding dengan gambar kartun, ada tikar pengaman lantai, pembatas plastik dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bermain seperti seluncuran, bola kecil berwarna-warni, buah plastik, angka-angka, dan permainan anak lainnya.

 

 

Menurut Kepala UPT Puskesmas Kupang Kota, drg Shinta Ndaumanu.MKes, dirinya berkewajiban memberikan jaminan ke­ber­lang­sungan masa depan anak, salah satunya dengan menciptakan Puskesmas Ramah Anak (PRA). “Puskesmas ramah anak digalakkan dalam rangka menindak lanjuti Undang-undang nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, dan Undang-undang no­mor 5 tahun 2013 tentang penyelenggaraan perlin­dungan anak.

 

“Ruang ramah anak ini disiapkan untuk pasien anak, jadi anak-anak yang menunggu bisa bermain dulu supaya tidak bosan. Sementara untuk ke depannya, pihaknya akan benahi space lagi untuk memenuhi pelayanan sesuai kriteria yang disyarat­kan. Seperti tersedianya fasilitas layanan kesehatan khusus ibu dan anak, ter­sedianya tempat khusus pemeriksaan anak, ada ta­m­an gizi, pojok ASI, tempat bermain, ter­sedia dokter anak, konseling untuk anak, dan ruang tumbuh kembang anak,” tambahnya. Hm

 

Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.