Puskesmas Kupang Kota

Info Kesehatan

PENTINGNYA PLASMA DARAH MEMBANTU SESAMA

Ditulis Oleh | Kamis, 04 Februari 2021 04:37
Beri Rating
(0 votes)
PENTINGNYA PLASMA DARAH MEMBANTU SESAMA

Terapi plasma darah adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara menggunakan plasma darah yang mengandung antibodi virus corona dari orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Plasma darah itu akan ditransfusikan ke pasien Covid-19. Diharapkan, antibodi yang terdapat dalam plasma darah tersebut dapat melawan virus yang ada di dalam tubuh pasien. Terapi plasma darah digunakan untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat.

 

Saat ini sejumlah penelitian uji klinis di seluruh dunia tengah dilakukan untuk melihat manfaat dan efektivitas terapi plasma darah. Indonesia juga melakukan penelitian terapi plasma darah yang dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah lembaga.

 

Bagaimana cara kerja terapi plasma darah konvalesen?

Terapi plasma darah konvalesen diberikan dengan cara mengambil plasma darah yang mengandung antibodi dari donor. Kemudian, antibodi tersebut ditransfusikan kepada pasien yang membutuhkan.

Mengenai metode transfusi darah, Tonang menjelaskan, ada pemahaman yang harus diketahui oleh masyarakat tentang metode ini. Jika dulu pemahaman umum ada darah yang diberikan seorang donor kepada pasien, sekarang pemahaman transfusi darah itu adalah transfusi produk darah.

Adapun produk darah bisa mencakup sel darah, maupun plasma darah. Dalam konsep transfusi darah saat ini, tindakan itu sudah memilih memberikan komponen darah.

Artinya, dari satu darah utuh, jika orang membutuhkan plasmanya, maka yang diberikan hanya plasma darahnya. Demikian pula jika ada yang membutuhkan trombosit, maka yang diberikan trombositnya saja, begitu juga jika ada yang membutuhkan sel darah merah saja.

Akan tetapi, dalam kasus Covid-19 ini adalah tindakan yang memberikan antibodi. Tonang mengatakan, kalau dalam kondisi biasa, transfusi plasma itu sebetulnya untuk memberikan faktor pembekuan darah.

Berdasarkan penelitian dan data yang ada, berikut manfaat terapi plasma darah untuk Covid-19.

  1. Mengurangi kematian

Dalam studi yang melibatkan 70 ribu pasien Covid-19, ditemukan penggunaan terapi plasma darah dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien. Pasien yang dirawat lebih awal dan mendapatkan plasma yang mengandung antibodi tingkat tinggi mendapatkan manfaat terbesar dalam metode pengobatan ini.

Pasien memiliki kelangsungan hidup 35 persen lebih baik dibandingkan yang tidak mendapatkan pengobatan terapi plasma darah. Pengurangan risiko kematian sebesar 35 persen merupakan angka yang tinggi untuk sebuah penyakit.

Dikutip dari CNN, studi dari rumah sakit Houston Methodist AS juga mendapati terapi plasma darah secara signifikan mengurangi angka kematian pada pasien Covid-19.

  1. Mempercepat proses penyembuhan

Terapi plasma darah dapat mempercepat proses penyembuhan pada pasien Covid-19 berat dan kritis. Saat menerima donor plasma yang mengandung antibodi, plasma dapat langsung bekerja dalam tubuh pasien melawan virus corona.

Berbeda jika dibandingkan saat pasien hanya mengandalkan kekebalan tubuhnya masing-masing.

  1. Proses yang cepat

Terapi plasma darah Covid-19 dapat dilakukan dengan cepat. Pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 dapat mendonorkan darah mereka. Alat akan memisahkan sel darah merah dan plasma yang akan digunakan. Sel darah merah akan dikembalikan ke dalam tubuh pendonor dan hanya akan mengambil plasma darah saja.

Plasma darah itu akan ditransfusikan kepada pasien Covid-19. Studi di China menunjukkan dalam beberapa hari, penggunaan plasma menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada pasien Covid-19 dengan gejala berat.

Seperti dilansir:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200824122424-255-538622/manfaat-terapi-plasma-darah-untuk-covid-19

Dibaca 170 Kali
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
  • 1