Puskesmas Kupang Kota

Warta Puskesmas

NYAMUK MENGHISAP BUKAN MENGIGIT. !

Ditulis Oleh | Selasa, 16 Februari 2021 01:34
Beri Rating
(0 votes)
NYAMUK MENGHISAP BUKAN MENGIGIT. !

 

Paling sebal kalau tiba-tiba kaki Anda sudah gatal-gatal dan bentol-bentol karena digigit nyamuk, tapi saat melirik ke teman si samping Anda, dia kelihatan baik-baik saja. Darahnya manis, kata orang untuk orang yang sering digigit nyamuk.

Ketika nyamuk betina Hinggap di manusia, mereka akan menyuntikkan sedikit air liur melalui mulutnya (atau juga dikenal sebagai proboscis) ke dalam kulit kita. Air liur nyamuk berfungsi sebagai antikoagulan yang membantu nyamuk betina mencegah pembekuan darah selama menghisap darah.

Ternyata, penelitian telah membuktikan bahwa nyamuk memang punya preferensi saat memilih orang yang darahnya ingin mereka isap! Berikut beberapa trivia mengenai hubungan rumit antara nyamuk dan tubuh kita.

 

  1. Nyamuk mengisap darah bukan untuk makanan

Hanya nyamuk betina yang menggigit manusia karena mereka membutuhkan protein dari darah manusia agar telurnya subur dan membuat lebih banyak lagi bayi nyamuk.

 

  1. Nyamuk bisa mendeteksi golongan darah karena sekresi tubuh kita

Penelitian mengatakan bahwa orang dengan golongan darah O memiliki kemungkinan 83% lebih sering digigit nyamuk. Golongan darah A paling beruntung, dan golongan darah B sedang-sedang saja. Selain itu, 85% orang memproduksi sekresi yang memberikan sinyal golongan darah yang mereka miliki.

 

  1. Nyamuk bisa mendeteksi CO2 hingga 50 meter, lho!​​​​​​​

Sama seperti hiu yang bisa mendeteksi darah di dalam air, jika Anda bertubuh besar atau sedang hamil, metabolisme tubuh dan jumlah karbondioksida yang dikeluarkan oleh tubuh Anda saat membakar energi lebih besar sehingga nyamuk mudah mendeteksi Anda.

 

  1. Makin panas suhu tubuh Anda, makin diincar

Nyamuk tertarik dengan asam laktat yang diproduksi oleh tubuh saat berkeringat. Suhu tubuh pun meningkat saat berolahraga atau berkeringat. Begitupun halnya jika Anda baru saja meminum alkohol, selain suhu tubuh Anda yang memanas, metabolisme tubuh Anda juga meningkat.

 

  1. Pakaian berwarna gelap mempermudah mereka mencari target

Selain bau, nyamuk juga mengandalkan penglihatan untuk mencari target. Nyamuk kesulitan untuk terbang jika ada angin sekecil apapun sehingga mereka berusaha untuk tetap dekat dengan tanah. Lantas bagaimana mereka mendeteksi tubuh manusia? Mereka membandingkan siluet tubuh kita dengan garis horizon.

 MARI SAMA-SAMA MENERAPKAN 3 M PLUS DIRUMAH DAN HALAM SEKITAR KITA AGAR WILAYAH KITA TERHINDAR DARI BAHAYA WABAH DEMA BERDARAH DENGUE. KALO BUKAN KITA SIAPA LAGI, KALO BUKAN SEKARAG KAPAN LAGI. SALAM SEHAT PUSKESMAS KUPANG KOTA

M

Dibaca 188 Kali Terakhir Diperbaharui Selasa, 16 Februari 2021 01:44
Hans Mandala

puskkk.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

TAK CUKUP ANAK ASAL KENYANG

Yang penting anak kenyang Read More
Seimbangkan Gizi

Seimbangkan Gizi

Gizi seimbang adalah susunan Read More
KeHaraman VS Vaksinasi

KeHaraman VS Vaksinasi

Masalah halal dan haram Read More
Bulan Imunisasi Anak Sekolah

Bulan Imunisasi Anak Sekolah

BIAS adalah bulan dimana Read More
PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

PUSKESMAS KUPANG KOTA RAMAH ANAK

Pelayanan Puskesmas terhadap masyarakat Read More
Posyandu Ku Posyandu Mu

Posyandu Ku Posyandu Mu

Sejarah Lahirnya Posyandu Untuk Read More
PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

PEMANTAUAN JENTIK BERKALA

Pemeriksaan jentik berkala adalah Read More
Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Gula Darah Tinggi vs Gula Darah Rendah

Dalam ilmu medis, keberadaan Read More
TBC Dan Resiko

TBC Dan Resiko

Indonesia masih banyak yang Read More
  • 1