Pengelola Website

Hans Mandala

Hans Mandala

Hans Mandala

Website URL: http://puskkk.dinkes-kotakupang.web.id Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Bagian tubuh yang penting untuk menegaskan fitur khas wanita ini sejatinya berfungsi untuk memberi makan bayi. Sayangnya, ada beberapa hal yang membuat fungsinya jadi terganggu.

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki fungsi sangat sentral dalam pertahanan tubuh manusia. Tanpa sistem imun, tubuh akan rentan terkena serangan kuman, parasit, atau virus. Sistem imun juga lah yang berperan melawan serangan berbagai jenis patogen, sehingga tubuh Anda tetap berada dalam kondisi sehat.

PENTINGNYA SISTIM IMUN PADA TUBUH

Rabu, 28 Juli 2021 00:17

KOMPAS.com - Orang positif Covid-19 yang kehilangan indra penciuman dan perasa sebenarnya adalah pertanda baik.

Di awal tahun 2021, dua penelitian internasional mengonfirmasi bahwa sebagian besar orang yang terinfeksi Covid-19 mengalami gejala anosmia atau hilangnya indra penciuman dan perasa untuk sementara waktu.

Beragam varian virus Corona terus bermunculan. Di antaranya, varian Delta atau yang sebelumnya disebut varian B1617.2 dan pertama kali ditemukan di India. Sejumlah pihak khawatir, varian Delta menular lebih cepat sehingga gejala COVID-19 varian baru ini penting untuk dikenali. Mengingat, Indonesia kini tengah menghadapi lonjakan kasus COVID-19.

 

Pertumbuhan dan perkembangan anak memang merupakan fase yang sangat membutuhkan kesabaran yang tinggi dari orangtua, yakni salah satunya susahnya anak untuk makan makanan rumahan yang sangat berakibat pada pertumbuhan dan perkembangan anak tersebut, apalagi jika anak tersebut masih berada di kategori Golden Period ( 0 hari - 2 Tahun).

 

Paling sebal kalau tiba-tiba kaki Anda sudah gatal-gatal dan bentol-bentol karena digigit nyamuk, tapi saat melirik ke teman si samping Anda, dia kelihatan baik-baik saja. Darahnya manis, kata orang untuk orang yang sering digigit nyamuk.

NYAMUK MENGHISAP BUKAN MENGIGIT. !

Selasa, 16 Februari 2021 01:34

Direktur Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, presyok adalah masa-masa rentan saat virus dengue dari nyamuk Aedes aegypti menggerogoti tubuh penderitanya.

Kondisi tersebut membuat penderita mengalami gangguan sirkulasi darah, sehingga aliran darahnya menjadi tidak normal. Pendarahan di dalam tubuh pun jadi tak terlihat.

 

Masa kegawatan ini umumnya muncul saat demam tinggi mulai mereda, yakni pada hari ke-3. Oleh karena itu, jangan langsung mengira diri pulih ketika panas sudah turun.

 

Pada orang tua yang tidak paham akan kondisi tersebut. Misalnya, anak akan dibiarkan beraktivitas. Padahal, pada saat itulah orang tua harus waspada.

 

Selain demam tinggi yang mengalami penurunan, tanda-tanda lain presyok DBD yang wajib dikenali antara lain:

 

  • Berkeringat dingin.
  • Tangan dan kaki terasa dingin dan tampak pucat.
  • Muncul bintik-bintik merah.
  • Feses berwarna cokelat kehitaman.
  • Lemas dan gelisah.
  • Jika diperiksa, tekanan darah juga mengalami penurunan.
  • Jika nadi diraba, akan terasa lemah atau terlalu cepat (tidak stabil).

 

Fase Kritis (critical phase)

 

Pada fase kritis, demam tinggi yang dialami pengidap akan berangsur-angsur mereda. Kebanyakan pengidap mengira dirinya sudah sembuh, padahal penurunan suhu tubuh bukanlah pertanda kesembuhan. Sebaliknya, pengidap justru sedang memasuki masa paling berbahaya di mana komplikasi yang bisa mengancam nyawa dapat terjadi.

 

Fase kritis adalah masa di mana pembuluh darah mengalami kebocoran plasma darah yang efeknya menimbulkan tanda-tanda perdarahan pada kulit dan organ lainnya, misalnya mimisan, perdarahan saluran cerna. Hal inilah yang sebenarnya mengakibatkan suhu tubuh menurun. Keluarnya bintik-bintik merah adalah salah satu gejala khas pada fase kritis.

 

Fase kritis demam berdarah bisa dimulai antara 3–7 hari sejak fase demam dan berlangsung selama 24–48 jam. Pada fase ini, cairan tubuh perlu dipantau secara ketat agar tidak kekurangan maupun kelebihan.

 

Pada fase ini, pengidap perlu mendapatkan penanganan medis secepat mungkin. Pasalnya, pengidap berisiko mengalami syok atau penurunan tekanan darah yang drastis, serta perdarahan yang dapat berujung pada kematian bila tidak ditangani segera.

 

Fase Pemulihan

Fase pemulihan dimulai 48–72 jam setelah fase kritis. Di fase ini, kondisi pengidap akan membaik dan status hemodinamik (aliran darah dalam sistem peredaran tubuh) juga stabil. Cairan yang keluar dari pembuluh darah pun juga akan kembali masuk ke dalam pembuluh darah. Itulah mengapa menjaga cairan tubuh pengidap agar tidak berlebihan sangat penting. Ini karena, cairan yang berlebih dalam pembuluh darah dapat mengakibatkan gagal jantung dan edema paru yang dapat berujung pada kematian.

 

Dalam fase pemulihan, kadar trombosit pengidap juga akan meningkat cepat hingga mencapai 150.000/mikroliter darah, tetapi kemudian akan kembali ke kadar normal.

Mengapa lalat suka berada di tempat kotor? Lalat suka tempat kotor karena itu berarti ada makanan atau untuk menaruh larvanya di tempat kotor tersebut. Menurut Illinois Department of Public Health, lalat bertelur di dalam atau di dekat sumber makanannya, yaitu kotoran, makanan busuk dan bangkai. Itu sebabnya lalat adalah hewan yang suka di tempat-tempat kotor.

Vitamin adalah unsur penting dari makanan yang telah lama diketahui mempengaruhi sistem imun. Vitamin A mendapatkan perhatian khusus dalam beberapa tahun terakhir karena terbukti memiliki efek yang tidak terduga dan penting pada respon imun atau kekebalan tubuh.

 

Meskipun pandemi ini belum berakhir dan membuat banyaknya keterbatasan dalam kegiatan sehari-hari, apalagi dalam kegiatan Puskesmas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, hal ini tidak mengurunkan niat petugas-petugas puskemas Kupang Kota yang bekerjasama dengan Kader posyandu untuk turun langsung ke masyarakat dan membagikan langsung Vit A tersebut.

Adapun kegiatan ini tidak terlepas dari Protokol Kesehatan yang diberlakukan, kader yang turun langsung pun selalu memakai masker, Face shield dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan ini. Ada pun respon yang baik dari masyarakat sendir dalam mendukung kegiatan ini.

 

Meskipun vitamin yang larut dalam air memiliki banyak tugas dalam tubuh, salah satu yang terpenting adalah membantu membebaskan energi yang ditemukan dalam makanan yang dikonsumsi. Sementara itu, manfaat yang lainnya adalah membantu menjaga jaringan tetap sehat dan memperkuat imun tubuh.

 


Vitamin Penting untuk Menjaga Imun Tubuh

 

Vitamin bisa bersumber dari berbagai makanan yang dikonsumsi atau suplemen khusus. Namun, sebelum kamu mengonsumsi suplemen vitamin khusus, sebaiknya kamu bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc sesuai kebutuhan tubuh akan vitamin.


Nah, peningkatan daya tahan tubuh bisa kamu dapatkan melalui beberapa vitamin berikut ini:

 

Vitamin C. Merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin C bisa membuat tubuh rentan terserang penyakit. Vitamin C memperkuat sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Antioksidan yang terkandung dalam vitamin C yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Vitamin D: Vitamin ini baik untuk menjaga imunitas tubuh. Ia mampu memperkuat tubuh dalam melawan zat patogen. Konsumsi vitamin D mampu mengurangi risiko terjadinya infeksi pernapasan. Hal ini tentunya penting untuk menjaga kesehatan tubuh di masa-masa pandemi seperti ini.

 

Vitamin E: Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang baik untuk melawan serangan radikal bebas. Kamu bisa menemukan vitamin E yang terkandung dalam makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bayam, hingga biji bunga matahari.

Vitamin B Kompleks: Yaitu termasuk B6 dan B12, keduanya berperan penting untuk menjaga sistem imun tubuh. Kebanyakan orang dewasa mengalami kekurangan vitamin ini. Kamu bisa menemukannya dalam kandungan sereal, loh.

Zinc: Zinc bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Vitamin ini diperlukan dalam proses perkembangan sel kekebalan tubuh yang berfungsi untuk memerangi inflamasi. Orang yang kekurangan nutrisi ini biasanya berisiko lebih tinggi mengalami berbagai infeksi dan penyakit, termasuk pneumonia. Kandungan zinc bisa kamu temukan dalam tiram, kepiting, daging tanpa lemak, kacang buncis, dan yoghurt.

Vitamin yang Larut dalam Lemak

 

Kebanyakan vitamin larut dalam air. Vitamin yang larut dalam lemak masuk ke darah melalui saluran getah bening di dinding usus. Banyak vitamin yang larut dalam lemak berjalan melalui tubuh hanya di bawah pengawalan protein yang bertindak sebagai pembawa.

 

Makanan berlemak dan berminyak adalah reservoir bagi vitamin yang larut dalam lemak. Di dalam tubuh, jaringan lemak dan hati bertugas sebagai penahan utama vitamin-vitamin dan melepaskannya sesuai kebutuhan.

 

Sampai batas tertentu, kamu bisa menganggap vitamin ini sebagai mikronutrien. Kamu mungkin saja mengonsumsi suplemen vitamin sesekali, atau dalam dosis mingguan atau bulanan. Sebab tubuh akan membuang kelebihan dan membuangnya secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan tubuh kamu.

 

Apa Hubungan Vitamin A dengan Daya Tahan Tubuh Si Buah Hati?

Vitamin A merupakan sebuah mikronutrien yang penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, namun vitamin ini juga dikenal sebagai vitamin anti inflamasi karena peran pentingnya dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A memproduksi penghalang serta menjadi garis pertahanan tubuh Si Buah Hati karena vitamin ini membentuk antibodi yang berperan dalam melenyapkan penyebab infeksi.

 

Anak-Anak Rentan Kurang Asupan Vitamin A

 

Faktanya, di tahun 2013, menurut data WHO hampir 1/3 dari anak-anak dari seluruh dunia berusia 6-59 bulan mengalami kekurangan asupan vitamin A. Ini berarti masih sangat banyak anak-anak dari berbagai penjuru negara, termasuk Indonesia, yang tidak mendapatkan asupan vitamin A cukup setiap harinya. Padahal kekurangan vitamin A di masa kecil bisa memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan anak-anak

DISTRIBUSI VIT A DISAAT PANDEMI COVID-19

Selasa, 09 Februari 2021 02:03
Halaman 1 dari 10