Pengelola Website

Hans Mandala

Hans Mandala

Hans Mandala

Website URL: http://puskkk.dinkes-kotakupang.web.id Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Sistem kekebalan tubuh anak belum sekuat orang dewasa sehingga membuatnya rentan mengalami penyakit infeksi. Tidak hanya itu, faktor kebersihan anak juga berpengaruh pada risiko penyakit yang satu ini. Lantas, apa saja penyakit infeksi yang bisa terjadi pada anak.

Adapun banyak penyakit yang menyerang anak balita kita dirumah secara tiba-tiba yang dapat membuat kita kewalahan.

 

WASPADA BAKTERI MENYERANG ANAK

Rabu, 07 September 2022 02:45

         Perawatan paliatif adalah pelayanan kepada pasien yang penyakitnya sudah tidak bereaksi terhadap pengobatan kuratif, atau tidak dapat disembuhkan secara medis (stadium akhir). Tujuan perawatan paliatif adalah untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dalam menghadapi setiap penyakit yang diderita dan mempersiapkan diri menghadapi kematian dengan tenang dan nyaman tanpa merasa tertekan atas penyakit yang diderita, baik secara fisik (nyeri, mual, muntah) maupun psikis yang berbasis spiritual.

 

 

Hipokalemia adalah kondisi ketika kadar kalium dalam darah di bawah batas normal. Pada kondisi normal, kadar kalium dalam darah berkisar 3,6-5,2 milimolar per liter (mmol/L).

Namun pada kasus hipokalemia, kadar kalium dalam darah kurang dari 2,5 mmol/L. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, karena menyebabkan kematian jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat.

Dengan Gejala sebagai berikut:

Kamu perlu segera bicara pada dokter jika mengalami gejala hipokalemia seperti berikut ini:

  • Kram perut dan sembelit.

  • Kesemutan hingga mati rasa.

  • Mual dan muntah.

  • Perut kembung.

  • Jantung berdebar-debar (palpitasi).

  • Frekuensi buang air kecil meningkat.

  • Sering merasa haus.

  • Kelelahan.

  • Kram otot, terutama di lengan dan kaki.

  • Mengalami gangguan psikologis, seperti bingung, halusinasi, dan depresi.

  • Penurunan kesadaran saat tekanan darah rendah.

Pada kasus hipokalemia berat, gejalanya berupa kelumpuhan, kegagalan napas, kerusakan jaringan otot, dan tidak ada pergerakan saluran pencernaan. Itu mengapa kamu dianjurkan segera bicara pada dokter jika mengalami gejala tersebut.

 

 

Penyebab Hipokalemia

Kekurangan kalium disebabkan karena beberapa faktor. Secara umum, hipokalemia terjadi akibat konsumsi obat-obatan diuretik, termasuk obat pencahar dan antibiotik. Faktor lainnya berupa penggunaan obat pencahar, minum alkohol berlebihan, terlalu banyak berkeringat, keracunan barium, gangguan penyerapan kalium, dan kekurangan asam folat.

Masalah kesehatan juga meningkatkan risiko hipokalemia, seperti gagal ginjal kronis, diare, ketoasidosis diabetik, sindrom Bartter, sindrom Gitelman, hipertiroidisme, dan sindrom Cushing.

Diagnosis dan Pengobatan Hipokalemia

Diagnosis hipokalemia dilakukan melalui tes darah, tes urine, dan elektrokardiogram (EKG). Setelah diagnosis ditetapkan, pengidap hipokalemia menjalani pengobatan berikut ini:

  • Mengatasi penyebab kekurangan kalium. Misalnya, dokter meresepkan obat-obatan untuk mengatasi gejala diare dan muntah. Jika kalium banyak terbuang melalui urine, jenis obat yang diresepkan meliputi: obat golongan diuretik hemat kalium, golongan aldosteron antagonis selektif, penghambat enzim pengubah angiotensin, dan penghalang reseptor angiotensin II.

  • Mengembalikan kadar kalium. Misalnya konsumsi suplemen kalium, baik secara oral atau infus. Bagi pengidap hipokalemia yang mengalami batu kalsium atau asidosis berat, dianjurkan untuk konsumsi kalium sitrat sebagai pengganti kalium klorida.

  • Merekomendasikan pola makan sehat tinggi kalium, seperti pisang, kentang, ubi, tomat, kacang merah, alpukat, makanan laut, dan susu.

 

 

Cara Mencegah Hipokalemia

Hipokalemia terjadi ketika kekurangan kalium. Maka itu, cara terbaik untuk mencegah hipokalemia adalah dengan memperbanyak asupan makanan sumber kalium. Di antaranya adalah alpukat, pisang, buah ara, kiwi, jeruk, bayam, tomat, susu, kacang-kacangan, selai kacang, dan gandum.

HIPOKLEMIA?? TAK KENAL TAK SEHAT

Kamis, 28 Juli 2022 01:15

 

Sistem Imun adalah sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari komponen sel dan jaringan yang bekerja sama melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Sistem Imun di dalam tubuh kita mampu memerangi sel abnormal sebagai parasit yang dapat merusak organ tubuh kita.

MENGENAL SISTEM IMUN DAN PENTINGNYA

Senin, 18 Juli 2022 02:20

AYO MARI KITA BUDAYAKAN MEMBACA DAN LEBIH MENGENAL APA ITU VITAMIN A, DAN KEGUNAAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SERTA AKIBAT KEKURANGAN & KELEBIHAN VITAMIN A SENDIRI.

VITAMIN A ? TAK KENAL TAK SAYANGN!!!!

Senin, 18 Juli 2022 02:19

Saatnya jaga kesehatan dengan pengaman ganda Terlebih saat cuaca sering tidak menentu.

Memasuki musim penghujan ini, diharapkan masyarakat semakin waspada akan bahayanya DBD (Demam Berdarah Dengue) yang dapat mengakibatkan kematian.

 

Gencarnya Menurunkan Angka Kematian IBu  dan Anak baru lahir sebagai salah satu indikator kunci di dalam target pencapaian pembangunan berkelanjutan, merupakan upaya yang sangat berat dan hingga kini masih belum memenuhi harapan kita semua.

Varian baru virus Corona kembali menjadi perhatian masyarakat dunia. Varian Covid-19 yang diberi nama R.1 itu sedang dalam pengawasan para ilmuwan di Amerika Serikat (AS).

COVID-19 R.1 VIRUS CORONA TERBARU

Senin, 01 November 2021 02:01
Halaman 1 dari 11